Manfaat di balik Indahnya Bunga Begonia Bagi Kesehatan


Begonia (Begonia sp) merupakan tumbuhan berbunga rumah satu yang masuk dalam 10 jenis angiospermae terbesar. Tumbuhan rumah satu maksudnya dalam satu tanaman ada bunga jantan dan bunga betina. Selain menjadi tanaman hias, bunga begonia ternyata dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Kandungan kimia dalam bunga begonia antara lain:

> Alkaloid – bunga begonia memiliki kandungan alkaloid berupa saponin, yaitu zat yang berfungsi sebagai anti bakterial.
> Flavonoid – manfaat senyawa flavonoid salah satunya adalah melindungi sel dan bertindak sebagai antioksidan yang mengikat radikal bebas.
> Vitamin C – Disebut juga asam askorbat. Salah satu antioksidan yang berfungsi menjaga kesehatan tubuh serta mencerahkan kulit
> Asam karbolik – atau lebih sering dikenal sebagai senyawa fenol berfungsi sebagai antiseptik dan anti bakterial.

Manfaat di balik Indahnya Bunga Begonia Bagi Kesehatan


Bunga begonia mengandung kalsium dan magnesium. Kedua mineral ini dibutuhkan manusia untuk menjaga kesehatan tulang, gigi dan proses-proses metabolisme tubuh, diantaranya yaitu:

Obat gangguan pencernaan
Bunga begonia dapat mengobati gejala seperti mual, muntah, kelebihan asam lambung, diare dan nyeri pada perut.

Obat flu
Flu adalah peradangan dan iritasi sistem pernapasan bagian atas yang banyak disebabkan oleh Rhinovirus. Bunga begonia juga dapat bekerja sebagai antivirus dan anti inflamasi untuk meredakan gejala-gejala yang menyertai flu.

Obat bronkitis
Penyakit bronkitis disebabkan oleh adanya peradangan pada membran mukus di daerah bronkus. Akibatnya penderita mengalami sesak nafas dan batuk. Bunga begonia juga dapat meredakan gejala bronkitis karena memiliki kandungan antiinflamasi.
Obat candidiasis
Candidiasis adalah penyakit akibat infeksi bakteri candida dan biasanya tumbuh dibagian yang lembab seperti alat vital pada pria dan wanita. Infeksi ini dapat dikurangi dengan mengkonsumsi bunga begonia. Bunga begonia berfungsi sebagai anti bakteri sehingga dapat mengobati pertumbuhan.

Mengatasi keputihan
Keputihan menjadi hal yang wajar dan sering dialami oleh wanita pada masa pubertas, khususnya saat akan dan setelah menstruasi. Namun, keputihan yang berlebihan dapat menyebabkan rasa tidak nyaman pada area vital. Bunga begonia memiliki aktivitas anti bakteri dan anti septik yang menjaga areal vital wanita bebas dari rasa gatal dan tidak nyaman akibat keputihan.

Selain manfaat-manfaat diatas, masih banyak lagi khasiat dari bunga begonia, diantaranya yaitu mengobati rematik, asam urat, gejala asma, radikal bebas, menghentikan pendarahan, meredakan nyeri haid, mengurangi inflamasi, meredakan batuk, meredakan pembengkakan di bagian tubuh, meredakan nyeri haid. Semoga artikel ini bermanfaat !




| Manfaat di balik Indahnya Bunga Begonia Bagi Kesehatan

0 Response to "Manfaat di balik Indahnya Bunga Begonia Bagi Kesehatan"

Poskan Komentar

BILA BARANG TERBUKTI PALSU, RUSAK ATAU TIDAK SAMPAI DITANGAN ANDA. GARANSI UANG KEMBALI. Anda Berminat? PESAN Disini !!!