Cara Menghindari Dampak Buruk Keputihan Saat Hamil

Keputihan menjadi masalah yang sering dihadapi para wanita. Keputihan ini menjadi salah satu tanda atau gejala adanya infeksi pada organ kewanitaan. Umumnya, keputihan bisa terjadi pada wanita hamil juga dan hal ini bisa saja berdampak buruk pada kesehatan ibu dan pertahanan janin dalam kandungan.

Lantas bagaimana cara menghindari dampak buruk keputihan saat hamil? Ada beberapa ahli kesehatan yang menjelaskan bagaimana cara menghadapi dan merawat organ kewanitaan saat hamil maupun tidak. Semoga artikel dibawah ini bisa membantu Anda dalam mengatasi masalah keputihan.

Cara Menghindari Dampak Buruk Keputihan Saat Hamil


Menurut dr Liva Wijaya, SpOG, spesialis kedokteran obstetri dan ginekologi dari RS Mitra Kemayoran, keputihan adalah keluarnya cairan dari organ kewanitaan saat hamil yang bersifat fisiologis normal-normal saja. Namun, keputihan yang disebabkan karena infeksi atau yang bersifat patologis harus dihindari.

dr Liva juga menegaskan bahwa,"keputihan saat hamil dengan cairan putih tidak berlebihan itu alami. Namun, kalau sudah gatal dan berbau itu tandanya keputihan patologis (berbahaya). Kalau infeksi ini dibiarkan terus menerus, maka bisa menyebabkan ketubah pecah, kelahiran prematur atau bahkan bakteri masuk ke rahim dan menginfeksi janin."

Seperti yang Anda ketahui, ibu hamil memiliki faktor yang membuat organ intim rentan terhadap infeksi, seperti misalnya hormon estrogen dan kelembaban yang lebih tinggi. Untuk itu, ibu hamil harus bisa menjaga organ intim tetap kering dan bersih untuk menghindari infeksi yang tidak diinginkan.

dr Liva juga menambahkan dalam penjelasannya mengenai cara mengatasi masalah keputihan saat hamil muda yang mesti di cegah sejak dini,"Daerah kewanitaan harus dijaga tetap kering, praktikkan cara mencuci organ kewanitaan dengan benar, jangan gunakan celana dalam ketat dan pilihlah yang bisa menyerap keringat. Dan jikalau tidak ada infkesi sebaiknya tidak usah pakai sabun pembersih kewanitaan, karena justru hal tersebut bisa memicu timbulnya masalah kewanitaan serta penggunaan yang salah bisa menginduksi bakteri", tutup dr Liva dalam seminar media yang diadakan di Kebayoran Baru, Kamis (6 Oktober 2016).

0 Response to "Cara Menghindari Dampak Buruk Keputihan Saat Hamil"

Posting Komentar

BILA BARANG TERBUKTI PALSU, RUSAK ATAU TIDAK SAMPAI DITANGAN ANDA. GARANSI UANG KEMBALI. Anda Berminat? PESAN Disini !!!