Mengenal Masalah Kesehatan Vagina Selain dari Keputihan

Seperti yang telah anda ketahui, keputihan menjadi salah satu masalah kesehatan yang kerap dialami oleh para wanita, penyakit ini tidak pandang usia. Sebenarnya, keputihan menjadi hal yang wajar dialami oleh para wanita pasca menstruasi, namun keputihan dapat bersifat berbahaya bila anda menemukan ciri-ciri keputihan seperti gatal, ruam pada daerah vagina, keputihan berwarna kuning kehijauan, keputihan berdarah hingga keputihan yang berwarna coklat. Bila anda menemukan gejala tersebut segeralah lakukan pemeriksaan karena bisa jadi itu merupakan gejala adanya penyakit serius yang anda derita.
Baca Juga: Obat Keputihan Bau
Meski demikian, ternyata masih ada lagi masalah kesehatan vagina selain dari keputihan. Apa sajakah itu? Ini dia berita kesehatannya.

Mengenal Masalah Kesehatan Vagina Selain dari Keputihan


  • Vaginimus
Gejala yang ditimbulkan adalah nyeri hebat saat ada sesuatu yang memasuki vagina. Kondisi ini terjadi saat otot vagina kejang dan mengalami kontraksi ketika ada penetrasi. Ini merupakan salah satu masalah seksual yang serius dan harus segera mendapatkan penanganan.
  • Vulvodynia
Adalah salah satu penyakit kronis, kondisi ini mungkin saja terjadi disebabkan oleh hormon, peradangan atau masalah saraf yang cedera atau peningkatan kepadan saraf di vulva. Gejala yang ditimbulkan yaitu timbul rasa nyeri seperti ditusuk-tusuk yang datang dan pergi, adanya sensai terbakar dan gatal-gatal.

Penyakit ini bisa terjadi pada siapa saja, dan pemicunya disebabkan oleh kegiatan olahraga, hubungan intim atau mengenakan pakaian yang terlalu ketat. Tidak sedikit wanita yang salah mengenali nyeri di area vulva dengan vestibulitas Syndrome (VVS) yaitu rasa sakit pada mulut vagina.
  • Trichomoniasis
Adalah salah satu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh organisme kecil yang disebut trichomonas vaginalis. Gejala yang ditimbulkan adalah adanya busa, cairan kuning dan iritasi vagina. Namun, ada juga yang tidak menimbulkan gejala apapu. Untuk memastikannya periksakan secara medis.
  • Bacterial vaginosis
Infeksi ini terjadi karena pertumbuhan bakteri yang berlebih dan mengubah komposisi bakteri normal dalam vagina. Penyebabnya adalah gonta ganti pasangan. Gejala yang ditimbulkannya yaitu cairan abu-abu berbau amis.
  • Benjolan
Kondisi ini disebut juga dengan kista bartholin yang menjadi penyebabnya adlah rambut yang akan tumbuh. Diketahui, vagina memiliki 2 kelenjar bartholin yang bertugas untuk mengeluarkan cairan pelumas, namun kelenjar ini juga dapat menghambat dan membengkak sehingga menimbulkan infeksi. Hal serupa juga bisa terjadi di kelenjar internal vagina yang disebut kelenjar Skene.
  • Vulva varises
Terjadi didalam labia dan sekitarnya, kondisi ini ditandai dengan tekanan atau rasa tidak nyaman serta ada tonjolan kebiru-biruan. Pada umumnya, penyakit ini diderita pada masa kehamilan, terutama pada kehamilan kedua. Beratnya rahim ditambah dengan peningkatan volume darah akan membuat gumpalan di pembuluh darah. Berdiri terlalu lama dapat memperburuk keadaan vulva varises yang anda alami.
Baca Juga: Kebiasaan Sepele yang Menyebabkan Vagina Berbau Tidak Sedap
Jadi, itulah beberapa jenis penyakit yang menyerang vagina selain keputihan. Jagalah kebersihan daerah intim anda mulai dini untuk mencegah terjadinya penyakit-penyakit berbahaya.



| Mengenal Masalah Kesehatan Vagina Selain dari Keputihan

0 Response to "Mengenal Masalah Kesehatan Vagina Selain dari Keputihan"

Posting Komentar

BILA BARANG TERBUKTI PALSU, RUSAK ATAU TIDAK SAMPAI DITANGAN ANDA. GARANSI UANG KEMBALI. Anda Berminat? PESAN Disini !!!